Tampilan Microsoft Excel

Tampilan Pada Microsoft Excel

Gambar 1.1 Tampilan Menu Ms. Excel 

    Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. 
    Ada beberapa fungsi dari microsoft Excel ini, beberapa halnya yaitu:
1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data     serta     grafik.
2. Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
3. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.

    Adapun pada gambar 1.1 diatas telah kita ketahui bentuk dari tampilan Microsoft Excel. 
Berikut akan kita bahas secara singkat satu per satu:
  1. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
  2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
  3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
  4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
  5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
  6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
  7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
  8. Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
  9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
  10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
  11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
  12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
  13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
  14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
  15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
  16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
  17. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  18. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
  19. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.
    Itulah tadi penjelasan singkat mengenai beberapa tampilan yang ada pada Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya disini saya akn memberika vidio lengkapnya, agar teman-teman bisa mempraktekkan secara langsung. Siakan di simak 👇


SEMOGA BERMANFAAT 😊
TERIMAKASIH 😉

    

Komentar

Postingan Populer